Friday, October 24, 2008

jorrrooookk!!

Jorok. Entah karena emang gak tau itu jorok atau memang gak peduli. Perhatiin deh, di jalanan atau di jembatan penyebrangan. Banyak banget, maaf, ludah dan (hate to say this) riak. Setau gw ya, even ludah aja udah mengandung banyak bakteri terlebih jika si 'empunya' beneran lagi kena virus apalagi riak yang jelas-jelas mengandung virus influenza.
Kalau gak percaya coba cek deh, waktu jalan dipinggiran nunduk dan liat ada apa disitu. Menjijikan dan sangat jorok. Dan parahnya ada juga, pengemudi yang sambil ngendarain (mostly motor) juga buang 'sampah domestik' sembarangan. Gimana kalau kena orang yang disebelah atau tiba-tiba melintas?
Pantes ya di Singapura ada UU yang ngelarang meludah disembarang tempat. Bukan cuma ngerusak pemandangan tapi juga ngaruh sama kesehatan. Di Indonesia? waduh kita gak butuh tuh UU yang perlu ya kesadaran! Apa karena masyarakatnya yang dablek? Biar udah sekenceng apapun peraturannya disosialisasikan kalau belum sadar ya belum dijalanin. Atau karena aparat lebih seneng tutup mata? Jadi mana yang salah? Sama aja kaya pertanyaan tebak-tebakan, mana duluan ayam sama telornya?
Satu yang gw tau, kita bisa memperbaikinya dengan berhenti mencerca atau menghakimi dengan mulai dari diri sendiri. Disiplin buang sampah ditempatnya, gak berludah sembarangan juga bertutur ramah dan sopan.



Yuk mulai dari diri sendiri dari sekarang!!

No comments: