Monday, January 5, 2009

"bahagia"

Seseorang ditanya tentang makna arti kata kebahagiaan, “kebahagiaan adalah tawa”. Namun ketika ia tertawa sendirian pada suatu pagi saat istrinya baru saja dikuburkan minggu lalu, ia merasakan sebagai tawa yang paling menyedihkan sepanjang hidupnya. Tawa yang sepi, mengguncang “kebahagiaan adalah kebersamaan” katanya lirih. “kebahagiaan adalah menemukan seseorang untuk dipeluk saat kau menangis – berbagi perih bersamanya. Dan, kesedihan adalah saat kau harus tertawa sendirian.”
--
Kebahagiaan tak semakna dengan uang, mobil mewah atau rumah bertingkat. Kita mungkin tak memilikinya, tetapi tak berarti kita tak memiliki kebahagiaan. Kebahagiaan memiliki makna terasendiri yang khas. Setiap orang memiliki kebahagiaannya sendiri-sendiri. Everybody’s happy in his own way..
Bagiku, kebahagiaan adalah ketika mendapatimu tersenyum karena kehadiranku. Kebahagiaan adalah mengetahui bahwa ketika aku merindukanmu, kau juga merindukanku. Kebahagiaan adalah ketika aku menyadari bahwa aku tak menjalin jejaring cinta sendirian, tetapi juga bersamamu.

( a cat in my eyes, Fahd Djibran)


Kebahagiaan, sebuah kata yang maknanya sangat absurb, definisinya sangat bergantung pada pribadi si penjawab. Aku sendiri setuju dengan Fahd, bahwa kebahagiaan tidak setimpal jika dibandingkan dengan materi, ia memiliki makna yang jauh diatasnya.
Bagiku, kebahagiaan adalah ketika aku bisa melihatnya tertidur pulas, mendengar kedamaian dari setiap degup jantungnya, melihat senyum dimata senjanya, merasakan kehangatan dari tubuh yang mulai renta serta kulit yang mulai mengeriput..
Kebahagiaanku adalah mereka.. orang tua, keluargaku.

dan satu hal yang harus diingat bahwa kekayaan tidak pasti mendatangkan kebahagiaan, rasa syukur pada Tuhan akan apa yang terjadi dan apa yang diberi pada hidup-lah menjadikan seseorang bahagia. Bahagia karena lebih ikhlas menerima dan percaya akan datangnya sesuatu yang jauh lebih baik jika bersyukur dan terus berusaha..


I do believe things happen for reason

No comments: